Buat Cantiknya Tampilan Dinding Lebih Awet dengan Presisi Memasang Wallpaper

Mempunyai ruangan yang indah dan nyaman ditempati, pastinya harapan semua orang bukan? Apalagi jika ruangan tersebut adalah sering ditempati untuk menghabiskan waktu di keseharian. Agar ruangan nampak lebih cantik, kebanyakan orang menyiasati dengan penggunakan cat warna-warni atau dengan wallpaper. Apalagi saat ini yang mulai trend wallpaper Korea. Lantas, bagaimana presisi atau langkah tepat dalam memasang wallpaper?

Sesuaikan Warna atau Motif dengan Tema Ruangan

Keindahan sebuah ruangan bisa didasarkan pada pembidikan yang tepat perihal kesesuaian warna dan hiasan atau bahkan motif. Biasanya, pada proses finishing, masyarakat sudah menentukan bagaimana tema dari ruangan. Nantinya, tema tersebut bisa diwujudkan melalui pewarnaan maupun motif seperti pada penggunaan wallpaper.

 

Tentukan terlebih dahulu bagaimana keinginan dari tema ruangan. Misalnya saja untuk kamar tidur anak perempuan, Anda bisa mengambil tema floral dengan menggunakan wallpaper sebagai penambah kesan floralnya. Pilih wallpaper dengan motif bunga-bunga, sesuaikan warna yang diinginkan. Sesuaikan juga dengan furnitur pelengkap di dalam ruangan.

Memilih Jenis Wallpaper

Tak hanya memilih warna atau motifnya saja, jenisnya pun harus diperhatikan, lho. Pada dasarnya, wallpaper mempunyai jenisnya yang beragam. Begitu pun wallpaper dinding Korea. Jenis wallpaper ini bisa dibedakan berdasarkan bahan pembuatan. Ada yang terbuat dari kertas heavy duty yang mudah dibersihkan dengan lap basah, wallpaper kain, kertas, maupun dari bahan vinyl.

Pemilohan jenis ini bisa membantu Anda dalam masalah perawatan juga penentuan presisi yang pas dengan harapan. Semakin baik presisinya, tentu hasilnya pun akan lebih baik dan ruangan pun jadi lebih nyaman.

Cari Titik Dinding Pemasangan

Langkah selanjutnya adalah proses investigasi. Apa yang diinvestigasi? Tentunya titik di mana Anda akan memasangkan wallpaper di dinding sesuai keinginan. Tidak hanya menentukan titiknya saja, perhatikan juga bagaimana kondisinya. Apakah terdapat kebocoran, bagian yang lembab, permukaan yang tidak rata, dan lain sebagainya. Untuk mempermudah, Anda bisa mencarinya dengan berdiri tepat di tengah ruangan.

Siapkan Bahan dan Peralatan

Jika titik pemasangan sudah ditemukan, waktunya sediakan segala peralatan yang diperlukan. Beberapa alat yang biasanya harus ada dalam prosesi pemasangan wallpaper Korea ini seperti alat ukur, lem untuk menempelkan wallpaper, cutter, tangga untuk menjangkau bagian tinggi, atau roller dan lain sebagainya.

Bersihkan Dinding yang Akan Ditempeli Wallpaper

Jangan asal dalam memasangkan wallpaper pada dinding. Agar menempel dengan sempurna, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dindingnya. Jika dinding sudah cukup lama, akan ditemukan jamur-jamur yang menempel. Bersihkan jamur tersebut dengan cara menggosoknya memggunakan amplas atau meratakannya dengan cat khusus. Jangan lupa juga, untuk finishing bersihkan tembok dengan dilap oleh lap bersih.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Merawat Lantai Kayu

Ukur dan Tempelkan

 

Jika dinding sudah dirasa siap dan bersih, juga peralatannya sudah lengkap, mulai ukur dinding Anda. Pengukuran ini untuk menyesuaikan berapa banyak wallpaper dinding Korea yang dibutuhkan. Anda bisa mengukurnya menggunakan alat pengukur ditambah benang sebagai ciri. Untuk ukuran wallpaper sendiri memang variatif, namun biasanya lebar wallpaper hanya 0,5 meter saja.

Untuk panjangnya, Anda bisa memotong dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jika ukuran dan wallpaper sudah pas, waktunya untuk menempel. Olesi lem khusus pada belakang wallpaper, baru kemudian tempelkan sesuai ukuran dan tanda yang sudah dibuat. Ulangi proses tersebut sampai titik dinding yang diinginkan habis ditutupi oleh wallpaper sehingga lebih cantik.

Beberapa langkah tersebut, bisa dijadikan gambaran bagi Anda yang akan menggunakan wallpaper Korea sebagai complementer desain ruangan. Bagaimana pun, proses pemasangannya harus dilakukan dengan tepat. Hal ini demi mewujudkan keindahan serta kesesuaian hasil dengan apa yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *