Ketahui Ilmu Dasar Untuk Instalasi Aliran Listrik Ini Bagi Pemula!

Instalasi listrik seperti yang anda ketahui selalu ada pada tiap bangunan yang berdiri, salah satunya seperti rumah tinggal anda. Perlu anda ketahui bahwa instalasi  yang terpasang di rumah tinggal anda itu sangat penting untuk diketahui dan dipelajari. Hal ini karena jika suatu ketika instalasi yang anda miliki mengalami masalah dan harus dilakukan tindakan perbaikan bahkan penggantian komponen listrik anda sudah paham.

Walaupun saat ini sudah banyak kontraktor listrik yang tersebar di mana-mana, namun akan sangat menguntungkan jika ternyata anda juga paham mekanisme dari instalasi aliran listrik yang anda miliki.

Ilmu Dasar Instalasi Aliran Listrik Ini

Waduh, instalasi apalagi listrik itu kan rumit banget, bisa gak ya saya memperlajarinya? Pasti bisa kok. Instalasi ini pada dasarnya bukanlah sesuatu yang rumit, walau banyak pemula yang mengatakannya demikian. Untuk mempelajari ilmu instalasi aliran listrik ini maka anda disarankan untuk mengikuti beberapa hal berikut ini, jika ingin segera mengetahuinya maka simak berikut ini!

1. Pahami gambar atau rute instalasi

Sebelum biacara soal lebih jauh mengenai listrik dan instalasinya, terlebih dahulu anda harus paham gambar atau rute instalasi untuk aliran listrik yang ada di bangunan milik anda. Hal ini agar memudahkan anda untuk mengetahui kemana saja aliran listrik dari instalasi menyebar di rumah anda. Untuk lebih mudahnya memahami hal ini, anda dapat mulai menganilisis dimana saja titik lampum sakelar, kontak serta komponen penghubungnya.

2. Pastikan anda paham mengenai kuat arus, daya, dan voltase

Jika anda pernah mendengar pembicaraan para ahli instalasi listrik, pasti pembicaraan mereka tidak akan jauh-jauh dari kuat arus, daya, dan voltase. Ketiga istilah ini disebut sebagai istilah dasar yang ada di ilmu listrik sehingga sangat penting bagi anda untuk memahaminya. Misalnya saja kuat arus itu merupakan jumlah muatan yang mengalir dalam suatu sumber listrik, daya merupakan kemampuan listrik untuk melakukan suatu pekerjaan, dan voltase beda potensial yang ada di kutub listrik.

3. Pahami dan Pelajari cara pemasangan komponen listrik di instalasi tersebut

Selain paham akan gambar atau rute instalasi dan istilah yang banyak digunakan anda juga harus memahami bagaimana cara memasangkan berbagai macam komponen yang ada di instalasi listrik seperti kapasitor yang berfungsi untuk menyimpan energi atau muatan listrik, resistor untuk menghambat arus listrik dan dapat menghasilkan nilai hambatan, induktor komponen yang dapat menyimpan muatan listrik, serta dioda dan transformator. Dari beberapa komponen listrik yang biasanya terpasang di suatu instalasi anda harus belajar untuk memahami dan mempelajari bagaimana cara pemasangannya.

Baca juga: 6 Tips Mendapatkan Harga Pasir 1 Truk Murah dengan Kualitas Terbaik

4. Pastikan anda memahami meteran listrik

Didalam suatu mempelajari ilmu dasar mengenai listrik dan instalasi maka anda juga anda di tuntut untuk memahami mengenai meteran listrik. Perlu anda ketahui dalam mempelajari instalasi yang satu ini maka anda tidak melulu soal gambar dan rute, komponen, namun juga harus paham mengenai alat yang satu ini yaitu meteran. Biasanya alat yang satu ini terletak di depan suatu bangunan dan menjadi penanda utama bahwa bangunan tersebut telah dialiri listrik dan tentunya memiliki instalasi. Pastinya anda sudah familiar dengannya.

Tertarik untuk segera mempelajari ilmu instalasi yang berhubungan dengan listrik ini? Jika anda tertarik untuk mempelajarinya maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan beberapa hal yang sudah disebutkan seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *