Pahami Kendala Umum CCTV Dan Solusinya

Kini penggunaan CCTV semakin marak, baik diarea perkantoran, depan toko atau bahkan perumahan. Sistem keamanan yang biasanya ditempatkan dibeberapa tempat sekaligus ini memudahkan pemantauan yang mungkin dianggap rawan dan perlu dimonitor. Namun, seperti layaknya benda mekanikal lainnya, ada saja kendala pada perangkat atau sistem CCTV yang membuat pemantauan terganggu.

Aneka Kendala CCTV Dan Solusinya

Aneka Kendala CCTV

Masalah yang sering terjadi pada CCTV seringkali karena kendala instalasi listrik yang ditandai dengan video loss atau Vloss. Ketika anda melihat layar monitor CCTV tidak ada gambar maka perlu ditelusuri dengan detail pemicunya agar dapat diselesaikan dengan segera. Berikut adalah beberapa kendala yang umum terjadi pada CCTV yang perlu anda ketahui.

1. Masalah Kabel

Sangatlah mudah menyelesaikan masalah monitor yang bermasalah, bila hanya terletak pada kabel saja. Telusuri kabel coaxial dan pastikan tercolok sempurna dan tidak kendur pada bagian konektor nya. Sebelum anda memanggil jasa instalasi listrik, periksa dahulu kondisi kabel, mencabutnya dan kemudian memasangnya kembali. Seringkali masalah CCTV hanya karena kabel yang kedur saja.

2. Sumber Tegangan Camera (Adaptor / Power Supply)

Kendala umum lainnya adalah tegangan camera yang bisa jadi drop akibat panjangnya kabel power. Lakukan test dengan battery 12VDC dan periksa apakah masalah terletak pada adaptor. Ukuran camera DC membutuhkan adaptor dengan tegangan yang sesuai. Selain itu untuk memudahkan pemeriksaan, pastikan sumber tegangan untuk adaptor camera tidak menyatu dengan elektrikal lain seperti untuk pompa air, dispenser, lift/elevator, mesin produksi, dan alat lainnya.

3. Kamera

Coba ganti camera untuk memastikan bahwa kendalanya tidak terletak pada kamera. Hal ini tentu perlu tenaga ahli dan anda perlu memiliki kamera cadangan. Anda perlu memanggil tukang yang memasang CCTV ada dahulu agar dapat memeriksa lebih detail dan menyeluruh. Karena untuk orang awam, hanya dapat memeriksa hal-hal yang umum saja.

4. Intervensi Pemantul

Kenali area dimana camera CCTV dipasang, adakah sumber interferensi yang mungkin dapat menggangu tampilan CCTV milik anda. Adanya kabel coaxial paralel dapat menjadi kendala dan harus dipindahkan. Adanya refleksi lantai, lampu atau ventilasi udara yang bersinggungan juga dapat menjadi kendala. Kondisikan dengan menelusuri istalasi listriknya sebelum melakukan tidakan lebih lanjut.

5. Cuaca

Manusia tidak dapat mengendalikan cuaca maupun efeknya. Benda seperti CCTV yang terpasang diluar ruangan akan mudah berembun ketika cuaca sedang dingin, habis hujan atau bahkan berangin. Oleh karena itu selalu memberikan perhatian lebih kala cuaca sedang tidak bersahabat. Pemasangan yang kurang kuat dapat membuat CCTV bergeser karena pengaruh angin kencang. Monitor juga jadi berembun karena titik hujan yang tertinggal. Anda cukup membersihkannya dengan lap dan mengencangkannya kembali.

6. Komponen Terbakar

Bila tercium bau terbakar entah pada kamera, kabel atau dekat monitor maka segeralah mematikan CCTV. Ada kemungkinan salah satu komponennya terbakar dan perlu dimatikan aliran listriknya untuk dapat memeriksa dengan seksama. Selalu memeriksa dengan hati-hati karena CCTV juga terhubung dengan listrik. Panggil tenaga ahli karena untuk pemeriksaan komponen ada garansi yang dapat digunakan asalkan diperiksa alngsung oleh jasa pemasangnya.

Ada banyak hal yang menyebabkan CCTV keamanan berkendala. Bisa dikarenakan kesalahan manusia atau cuaca atau masalah yang lebih teknis dan mekanikal yang memerlukan bantuan tenaga ahli yang memasang CCTV anda diawal mulanya. Jadi, gunakan jasa yang terpecaya karena ada pemeliharaan yang harus dilakukan secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *